Ajaran Tentang Alam Semesta

    • Asal Usul Alam Semesta.

Alam semesta atau jagad raya dengan segala bentuk, isi serta sifatnya diciptakan atas kehendak dan kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa , sebelum menciptakan manusia , Tuhan yang Maha Esa menciptakan alam semesta .

Alam semesta dengan penataan dan susunannya yang tersusun dengan rapi serta indah rangkaiannya , yang terdiri dari Matahari , Bumi , Bintang serta Tata surya lainnya yang saling terkait , atas kehendak dan ijin Tuhan Yang Maha Esa dapat dimanfaatkan untuk kehidupan seluruh manusia di bumi atau mahluk lain ciptaan Nya.


    • Kekuatan-Kekuatan Yang Ada Alam Semesta.

Alam semesata mempunyai sesuatu kekuatan – kekuatan dan daya Ghaib yang besar serta merupakan Manifestasi dari keagungan dan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa . Kekuatan dan daya alam yang tampak dan wujudnya memiliki empat unsur , ialah unsur Angin ( udara ) unsur Air unsur Tanah ( bumi ) dan unsur Api.

      1. Angin ( udara ) merupakan sumber kehidupan seluruh mahluk yang hidup di atas bumi ini ( manusia bernapas dengan menghirup udara )
      2. Air merupakan sumber energi bagi kekuatan tubuh manusia dan kekuatan jiwa yang dapat disebut juga sebagai sumber kehidupan.
      3. Tanah ( bumi ) sebagai sumber kehidupan manusia dalam kebutuhan wadag , yang menjadikan awal tumbuhnya berbagai sumber kehidupan.
      4. Api merupakan sumber daya tenaga panas serta mempunyai kekuatan untuk kehidupan manusia ( sebagai pembakaran dll ).

Dari seluruh kekuatan – kekuatan tersebut ada yang dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia, dan sebaliknya ada yang bahkan dapat merusak lingkungan hidup dan kehidupan manusia apabila pemanfaatannya tidak hati – hati . Maka manusia mempunyai kewajiban untuk menjaga serta melestarikan alam dan lingkungannya.


  • Hubungan Alam Semesta dengan Manusia.

Alam semesta dan manusia merupakan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yang mempunyai keterkaitan satu sama lainnya, alam semesta diciptakan untuk melengkapi kebutuhan hidup manusia serta makhluk hidup lainnya ciptaan Tuhan.

Oleh karena itu manusia mempunyai tanggung jawab untuk menjaga serta memelihara keseimbangan lingkungan antara alam semesta dengan manusia harus diciptakan hubungan timbal balik yang serasi dan indah sebagai sesama makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, dengan lain kata jika alam dipelihara serta dilestarikan, maka kehidupan manusiapun akan ganti dijaga dan dipelihara oleh alam.

Namun sebaliknya apabila alam dan lingkungan itu dirusak dan tidak dipelihara dengan baik, maka dalam kehidupannya manusia itu akan merasakan juga akibatnya.