Woro-Woro

HUT Kota Solo dalam pandangan Gusti Moeng

Hari jadi Kota Solo yang diperingati setiap tanggal 17 Februari ini ternyata berbeda perhitungan dengan tanggal yang diyakini Karaton Surakarta Hadiningrat sebagai hari jadi Kota Solo. Hal itu diungkapkan GKR Wandansari atau GKR Koes Moertiyah, selaku Pangageng Sasana Wilopo Karaton Kasunanan Solo.

Selengkapnya >>

SURAT EDARAN DEPARTEMEN DALAM NEGERI

Merujuk pada ketentuan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan dan Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2007 tertang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, khususnya yang berkaitan dengan pelayanan administrasi kependudukan bagi Penghayat Kepercayaan Kepada Tuhan Yang Maha Esa

Selengkapnya >>

 

BEBERAPA HAL TENTANG KEPERCAYAAN TERHADAP TUHAN YANG MAHA ESA

Indonesia adalah negeri dengan tingkat pluralitas tertinggi di dunia dengan wilayah seluas kurang lebih 7,5 juta Km2 yang terdiri atas kurang lebih dari 17.000 pulau besar dan kecil. Penduduknya berjumlah 212 juta orang, yang terdiri atas lebih dari 540 suku bangsa dan adat istiadat. bahasa, kesenian dan kepercayaan yang beraneka macam.

Selain lima agama besar, Islam, Katolik, Kristen, Hindu, dan Budha terdapat lebih dari 540 kepercayaan komunitas adat, dan organisasi kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa berjumlah 249 organisasi dengan anggota sekitar 9 juta orang.

Selengkapnya >>

KABAR KABARI

Bahwa kemarin pada tanggal 30 Juni 2008 hari Senin Wage ( Malam Selasa Kliwon ) dalam acara Sarasehan rutin di Gedung Sasono Adhi Roso TMII ( Taman Mini Indonesia Indah ) Jakarta , Beliau Direktur Kepercayaan Bapak Drs. Sulistyo Tirto Kusumo , MM di dalam sambutannya mengatakan bahwa akan mengadakan Sarasehan Nasional Organisasi Penghayat seluruh Indonesia pada tahun 2009 yang selanjutnya akan mengundang 243 Organisasi Penghayat Tingkat Pusat yang telah memiliki tanda inventarisasi dari Direktur Kepercayaan , salah satu Agendanya yaitu pembentukan wadah tunggal Organisasi Penghayat seluruh Indonesia .

Demikianlah kabar kabari yang bisa kami haturkan kepada seluruh Organisasi Penghayat di Indonesia yang kebetulan membuka website kami.
Sekian Terima Kasih . RAHAYU

ORGANISASI HIMPUNAN PENGHAYAT KEPERCAYAAN

Pada 1950 Mr. Wongsonegoromempopulerkan Kepercayaan dengan istilah kebatinan. Dan sejak itu ia mulai menggagas sebuah forum nasional untuk mendiskusikan mengenaikebatinan.

Pada tahun 1955 ia mempelopori Konggres Kebatinan berskala nasional yang diselenggarakan di Semarang selama tiga hari, 19-12 Agustus 1950. Kongres itu dihadiri 70 aliran yang ada di Indonesia dan melahirkan sebuah organisasi bernama Badan Konggres Kebatinan Indonesia (BKKI). Mr. Wongsonegoro duduk sebagai ketuanya

Selengkapnya >>

ORGANISASI HIMPUNAN PENGHAYAT KEPERCAYAAN

Tak banyak yang tahu penari dan koreografer kenamamaan Indonesia, Sulistyo Tirtokusumo kini menjabat sebagai Direktur Direktorat Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa (TYME).

Sulistyo yang baru sukses mementaskan karya tarinya: Panji Sepuh bersama Goenawan Mohammad di Singapura itu kini sibuk mendata persoalan-persoalan yang dihadapi para penghayat . Ia mencatat sampai tahun 2006 pengikut kepercayaan di Indonesia berjumlah sekitar 8.5 juta.

Selengkapnya >>

MUNAS HPK KE VII

Musyawarah Nasional HPK ke VII tanggal 29 – 30 Juli 2008 di Taman Mini Indonesia Indah , Jakarta

Selengkapnya >>

MENUJU BUDI LUHUR NUSANTARA : Catatan tahun ke 3 dan ke 4 PB XIII diatas tahta

Kegiatan Ilmiah lain yang telah memberikan kontribusi besar adalah Seminar Nasional bertajuk Peran Kraton dalam Pengembangan Islam ….

Selengkapnya >>